Terlengkap! Contoh Prakata Buku (Makalah, Skripsi, Proposal, Dan Laporan PKL)

Contoh prakata buku. buat sobat aksara yang sering membaca buku tentu tak asing dengan prakata. setiap selesai menyelesaikan sebuah tulisan. penulis memang biasanya diminta untuk menulis prakata secara personal. karena memang hanya penulislah yang menguasai dan menghayati isi tulisannya. 

Pada sebuah buku, prakata memang tidak harus dimuat. terutama buku pelajaran, prakata lebih sering terlihat pada buku-buku fiksi, novel, atau  kumpulan cerpen. hal inilah yang membedakan prakata dengan kata pengantar. 

Prakata ditulis oleh penulis secara pribadi, sedangkan kata pengantar umumnya dibuat oleh penerbit. 

Tak jarang, kata pengantar dibuat dengan menyesuaikan strategi marketing penerbit. dengan demikian, kata pengantar lebih sering melebih-lebihkan isi buku dan menjelaskan pembeda sebuah buku dengan buku lainnya pada topik yang sama. 

Atau penulisnya sama tapi judulnya berbeda. 

Bahkan beberapa seringkali menguraikan apa yang disebut keistimewaan buku.

Biar sobat aksara nggak makin penasaran tentang apa itu prakata yuk simak contoh prakata buku, makalah, skripsi, proposal dan laporan pkl berikut ini.

Contoh Prakata Buku Fiksi (Novel)

Novel ini aku persembahkan sebagai bukti jika kita sudah sedikit tidak bersahabat dengan lingkungan ini, semua berawal dari rasa tidak puas dengan apa yang dimiliki dan akan selalu mencari kepuasan terus menerus tanpa berpikir bahwa saudara di samping kita sangat bergantung pada lingkungan itu.

Suara suara kesederhanaan diambil dari dinamika bangsa yang real atau nyata di hadapan kita, bukan melalui mimpi. 

Suara ini benar-benar keluar dari lubuk hati, sebagai makluk yang sosialita. Ketika berhadapan dengan dinamika yang benar-benar terjadi dan mengakibatkan luka yang mendalam. 

Suatu bangsa yang besar sewajarnya perlu untuk menata kehidupan masyarakatnya agar mampu hidup dalam kesejahteraan. 

Tanpa menyebabkan ketimpangan disalah satu batang tubuh bangsa itu sendiri. Ditinjau dari beberapa aspek kehidupan bernegara maka penulis ingin mengajak pembacanya untuk lebih melihat ke dalam bahwasannya masih ada ketimpangan besar yang perlu untuk disikapi. 

Penulis juga ingin berterimakasih kepada seluruh sahabat-sahabat yang dengan giat membantu penulisan novel ini terselesaikan dengan baik.

“Persembahan khusus untuk keluargaku yang selalu mendukung penulis dalam berkarya, dan juga untuk seseorang yang selalu mengispirasiku, dan mencintaiku, serta selalu mendukungku dalam berkarya”.

Dalam penulisan ini, penulis ingin berterimakasih untuk sahabat seperjuangan yang telah membesarkan penulis di dunia keorganisasian. 

Sahabat Ibnu Rusid, Senior Jack, bersama ibunda tersayangnya, Senior Dahrul, Senior Sayidati Hajar, dan masih banyak teman seperjuanganku yang tidak bisa saya sebut satu persatu, salam satu pergerakan yaitu Gaharu Institute NTT, dan Mata Kupang. 

Bagian dari wadah yang membesarkan penulis hingga mampu beride dalam pergerakan. Tak lupa aku ingin berterimakasih kepada teman sejawatku, abang Yan, yang selalu memberikanku nuansa baru dalam menulis. 

Selalu memberikanku motivasi dan selalu menemaniku dalam menitik karirku di dunia menulis Komunitas Kaki Kareta, sebagai suatu wadah untuk penulis berjuang menggapai impian, suatu wadah yang inpspiratif. 

Terutama terimakasihku untuk semua anggota badan pengurus komunitas yang memberi semangat dalam menulis hingga terselesainya novel ini dengan baik. 

Bung Dion yang selalu memberiku nuansa baru dalam menulis, sosok yang selalu memberiku semangat Tak ada gading yang tak retak maka, penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam novel ini, sehingga penulis sangat mengharapkan kritikan dan masukan yang membangun untuk penulisan selanjutnya.

Kupersembahkan untuk kekasihku

Lodia Marisa Jermias

Rindu ini untukmu,

Contoh Prakata Buku Non Fiksi

Bermula dari Training of Fasilitator (ToF) dan pelatihan di Jam-bu Luwuk bulan Agustus 2014, yang diselenggarakan oleh USAID/Program Representasi (ProRep), buku ini merupakan respons atas tantangan penyelenggara untuk menerapkan berbagai keterampilan yang diperoleh dari pelatihan tersebut.

Gagasan bergulir semenjak pelatihan belum berakhir. Alumni ToF perwakilan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang pernah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh ProRep, Indonesia Parliamentary Center (IPC), Garut Governance Watch (GGW), dan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdatul Ulama (Lakpesdam NU) mulai berkolaborasi menjawab tantangan tersebut.

IPC punya pengalaman konstituensi, GGW dan Lakpesdam punya basis dampingan. 

Muncullah gagasan untuk mengusulkan pelatihan meningkatkan partisipasi masyarakat desa. 

Di saat yang sama, alumni ToF dari lem-baga Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) melihat basis dampingan ditingkat desa perlu peningkatan kapasitas dalam hal advokasi. YSKK mengusulkan pelatihan advokasi kreatif bagi masyarakat desa

Dua usulan pelatihan ini mempunyai latar belakang dan konteks yang sama yakni ingin memperkuat pelaksanaan Undang-Undang No. 6 tahun 2014 ten-tang Desa. 

Undang-Undang Desa mengamanatkan, bahwa ada tiga aktor utama dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, yaitu: BPD, pemerintah desa dan masyarakat desa.

Kedua usulan pelatihan ini melihat aktor masyarakat yang masih lemah. Padahal, Un-dang-Undang Desa mendorong ketiga aktor tersebut harus bekerja secara harmoni. 

Oleh karena itu, pelatihan-pelatihan tersebut disusun untuk memperkuat masyarakat desa agar setara ber-peran dengan aktor yang lain.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh tim konsultan Penala Sinergi, terutama kepada Doni A Baruno, atas bimbingannya yang telah memberi pela- jaran yang tak terhitung nilainya.

Terima kasih kepada LSM Jingga Media, yang turut berkontribusi untuk mempersiapkan pelatihan dan mengambil tanggung- jawab untuk memantau tindak lanjut pelatihan. 

Terima kasih juga kepada Desa Rawaurip Kabupaten Cire-bon, yang telah bersedia menerima peserta pelatihan untuk melihat praktek langsung mengelola partisipasi. 

Akhir kata, buku ini tidaklah akan terbit tanpa dedi-kasi dari seluruh tim fasilitator sekaligus tim penyusun buku. 

Meski karya ini tidak seberapa, semoga memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan demokrati-sasi di tingkat desa

Contoh Prakata Buku Panduan

Sumber belajar merupakan sekumpulan informasi yang mencakup ilmu-ilmu pengetahuan. Sumber belajar dapat diakses dari berbagai macam media yang ada. 

Sumber belajar dapat berupa sumber belajar cetak (seperti buku) atau berupa sumber belajar digital (seperti e-Book). 

Saat pandemi Covid-19, sumber belajar cetak yang terdapat di perpustakaan sangat sulit diakses karena alasan Social Distancing, PSBB, Lock Down

Sehingga menyebabkan banyak perpustakaan tutup. Imbasnya, penggunaan sumber belajar digital adalah pilihan yang tepat. Sumber belajar digital paling mudah diakses secara online

Literasi sumber belajar online adalah keterampilan untuk mendapatkan, memahami, dan menyampaikan informasi dari sumber bacaan. Buku ini disusun sebagai panduan untuk melakukan literasi sumber belajar online dengan baik dan benar. 

Dampaknya, pembaca dapat mengakses sumber belajar yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

Contoh Prakata Buku Puisi

Alhamdulillahirabbil‘alamin. Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, atas rahmat dan karunia-Nya lah buku ini dapat menjadi sebuah buku yang menjadi bacaan kita semua. 

Kami ucapkan terimakasih kepada anda yang telah mau membaca, baik sekedar melihat, membaca, menghayati, sampai yang mengapresiasi dan mengkritisi, kami ucapkan terimakasih setulus-tulusnya. 

Semoga Allah membalas kebaikan anda dengan pahala yang berlipat ganda, amin! Dan kepada anda yang sedang mencintai dan dicintai, terimakasih telah menginspirasi kami.

Dari rasa kami untuk jiwa anda, Kami goreskan kata demi kata di dalam buku ini untuk semua hati yang pernah jatuh cinta, terluka, atau menyimpan harapan atas cinta. 

Contoh Prakata Buku Ajar

Saat ini, era revolusi industri 4.0 telah dimulai. Era ini telah memunculkan teknologi baru yang mengakibatkan perubahan yang luar biasa di semua disiplin ilmu, ekonomi dan industri. Perguruan tinggi di Indonesia harus menyiapkan literasi baru guna menghadapi disrupsi teknologi tersebut.

Lulusan perguruan tinggi tidak cukup menguasai literasi lama (membaca, menulis dan matematika), tetapi perlu literasi baru seperti literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia yang termasuk kedalamnya literasi digital.

Memasuki pembelajaran abad 21, kualitas mutu dosen dalam penulisan buku juga harus disesuikan dengan zamannya. Mutu buku ajar tidak hanya diperuntukkan secara khusus buat mahasiswa, tetapi juga distandarkan secara internasional dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran saat ini.

Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran konvensional dan konvensional plus yang memanfaatkan hasil revolusi industri 4,0 blended, full online yang berbasis resources sharing.

Program ini diharapkan dapat menghasilkan buku ajar sesuai format UNESCO. 

Produk buku ajar yang berkaitan dengan literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia diharapkan menjadi rujukan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. Penerbitan buku ajar yang membahas literasi baru ini menjadi standar minimal materi kuliah di perguruan tinggi. 

Melalui penerbitan buku ajar ini, para dosen dapat dapat menanamkan sikap kompetetif mahasiswa di era disrupsi teknologi saat ini. 

Banyak dosen yang sudah mengenal state of the art bidang keahliannya, khususnya di era revolusi industri 4.0. Pengalaman tersebut sepatutnya dimanfaatkan sebagai modal dasar dalam menulis buku ajar.

Namun sangat disayangkan bahwa jumlah buku ajar yang ditulis dosen masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan mata kuliah yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Indonesia.

Adapun tujuan dari penyusunan pedoman penulisan buku ajar yaitu untuk:

  1. Meningkatkan motivasi bagi dosen untuk menyusun buku ajar.
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi melalui penyusunan bahan ajar yang mendukung implementasi RPS.
  3. Meningkatkan mutu dan jumlah publikasi penerbitan buku ajar oleh dosen.
  4. Mendorong dosen untuk membuat media pembelajaran yang mendukung buku ajar yang telah dibuat
  5. Meningkatkan jumlah dan kualitas penerbitan buku ajar untuk perguruan tinggi yang dikembangkan dari ilmu pengetahuan dan teknologi maupun diturunkan dari hasil penelitian.

Oleh karenanya, dengan diadakannya buku pedoman penulisan buku ajar ini, diharapkan semakin bermunculan karya-karya dosen dalam bentuk buku ajar, yang telah memenuhi standar internasional, sehingga kemanfaatannya dapat dirasakan oleh sebanyak mungkin sivitas akademik

Contoh Prakata Skripsi

Segala puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih atas segala limpahan kasih, karunia, dan kehendak-Nya sehingga Tugas Akhir Skripsi dengan judul Hubungan Lingkungan Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Mekanik Otomotif Se-Kabupaten Sleman, dapat diselesaikan dengan baik.

Selesainya Tugas Akhir ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan, dan do’a dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini ingin disampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan karya ini, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :

Prof.Dr. Rohmad Wahab, M.Pd, M.A. selaku Rektor Universitas Negeri Yogyakarta.

Bapak Dr. Mochammad Bruri Triyono, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Bapak Martubi, M.Pd., M.T. selaku Ketua JurusanPendidikan Teknik

Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Bapak Noto Widodo, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Bapak Sudiyanto, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Tugas Akhir yang telah meluangkan waktu selama proses bimbingan.

Bapak Sukaswanto, M.Pd. selaku koordinator Tugas Akhir Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Seluruh dosen pengajar di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas

Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. `

Ibu dan Ayah tercinta yang telah banyak berkorban demi keberhasilan dalam proses penyelesaian Tugas Akhir ini.

Seluruh keluarga tersayang yang senantiasa mendo’akan dan memberikan

Semangat dalam penyelesaian Tugas Akhir ini.

Semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya pembuatan Tugas

Akhir maupun dalam penyusunan Tugas Akhir yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Dalam pembuatan Proposal Tugas Akhir ini walaupun telah berusaha semaksimal mungkin, tentunya masih banyak kekurangan dan keterbatasan yang dimiliki, oleh karena itu diharapkan saran dan kritik untuk membangun kesempurnaan karya ini. 

Semoga karya ini bermanfaat.

Yogyakarta, Mei 2012

Penulis

Contoh Prakata Laporan PKL

Puji syukur kepada Allah SWT karna atas rahmat-Nya praktikan dapat dapat menyusun dan menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Lapangan ini dengan baik dan tepat pada waktunya. 

Praktik kerja ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan akademik pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.

Dalam Penulisan ini praktikan banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, pada kesempatan ini Praktikan ingin menyampaikan terimakasih kepada:

Dr. Nuryetty Zain, MM, selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan bantuan dalam penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Suparno, SPd,. M.Pd selaku Koorprodi Program Studi Pendidikan Ekonomi

Darma Rika Swaramarinda, M.SE selaku ketua Program Pendidikan Administrasi Perkantoran

Dr. Dedi Purwana ES, M.Bus, selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Titi, selaku pimpinan bagian PKBL sekaligus pembimbing Praktik Kerja Lapangan (PKL) PT Jasa Marga Tbk

Seluruh karyawan PT Jasa Marga bagian PKBL yang telah membantu praktikan secara langsung maupun tidak langsung dalam melaksanakan kegiatan PKL

Orang tua dan keluarga yang terus memberikan dukungan dan motivasi sehingga praktikan dapat menyelesaikan laporan dengan baik

Sahabat dan juga teman-teman Pendidikan Ekonomi 2014 yang telah mendukung dan membantu Praktikan dalam mengerjakan Laporan PKL Praktikan menyadari masih banyak kekurangan dalam menyelesaikan Laporan PKL ini. 

Oleh karena itu, praktikan sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak. Praktikan berharap semoga laporan Praktik Kerja Lapangan ini dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi Praktikan dan para pembaca serta teman-teman mahasiswa pada khususnya.

Akhir kata semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi mahasiswa/i yang akan melakukan magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT Jasa Marga Tbk.

Jakarta, 2 September 2017

Karin Alfadit

Contoh Prakata Makalah

Puji dan syukur Saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul “Manfaat Perpustakaan Di Sekolah Dasar Bagi Kecerdasan Anak”.

Saya menyadari. bahwa Makalah ini masih jauh untuk dari kesempurnaan, karena masih banyak kekurangan-kekurangan, baik dari materi maupun redaksi. Hal ini semata-mata disebabkan oleh keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis.

Mudah-mudahan segala kebaikan serta jasa yang telah diberikan semua pihak mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amiin.

Yogyakarta, Januari 2017

Penulis,

Anggita Fiska

NIM. 130000516

Contoh Prakata Proposal Kegiatan

Dalam rangka memeriahkan dan mengingat datangnya hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. SMKN 1 Pogalan akan menggelar berbagai kegiatan lomba dengan tema “Aksi Kemerdekaan ke-74”.

Dimana penyelenggaraan kegiatan perlombaan ini diikuti oleh seluruh warga sekolah SMKN 1 Pogalan. 

Untuk menyukseskan kegiatan perlombaan ini, maka kami selaku panitia dan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah mengharapkan bantuan dan dukungan kepada pihak sekolah.

Untuk bersedia menyetujui rencana kegiatan perlombaan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Sekian pembahasan mengenai contoh prakata buku, makalah, laporan pkl, proposal. sampai jumpa di konten baraaksara berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *