10 Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja Agar Menarik Perhatian

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang cara menulis amplop lamaran kerja. Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengirimkan lamaran kerja. Lamaran kerja yang baik tidak hanya terdiri dari surat lamaran dan CV yang menarik, tetapi juga amplop yang terlihat profesional dan rapi. Amplop lamaran kerja yang baik akan memberikan kesan positif kepada pihak perusahaan. Nah, agar kamu dapat membuat amplop lamaran kerja yang tepat, berikut adalah beberapa langkah yang harus kamu ikuti.

1. Pilihlah Amplop yang Tepat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih amplop yang tepat. Pilihlah amplop yang memiliki ukuran standar, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Amplop yang terlalu besar akan terlihat tidak proporsional, sedangkan amplop yang terlalu kecil akan membuat surat lamaran dan CV tidak muat. Pilihlah amplop yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan tidak mudah sobek.

2. Tuliskan Alamat Penerima dengan Jelas

Setelah memilih amplop yang tepat, langkah selanjutnya adalah menuliskan alamat penerima dengan jelas. Pastikan kamu menuliskan nama perusahaan dan alamat lengkap dengan benar. Gunakan huruf yang jelas dan mudah dibaca agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman.

3. Tuliskan Nama dan Alamat Pengirim

Setelah menuliskan alamat penerima dengan jelas, langkah berikutnya adalah menuliskan nama dan alamat pengirim. Tuliskan nama lengkap dan alamat lengkap dengan jelas. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan agar amplop dapat dikirim dengan tepat.

4. Jangan Lupa Sertakan Kode Pos

Ketika menulis alamat pengirim dan alamat penerima, jangan lupa untuk menyertakan kode pos. Kode pos sangat penting untuk memastikan amplop dapat dikirim dengan tepat ke alamat yang dituju. Pastikan kode pos yang kamu tuliskan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman.

5. Gunakan Bahasa yang Formal

Saat menulis amplop lamaran kerja, gunakanlah bahasa yang formal. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu santai atau kasual. Gunakanlah bahasa yang sopan dan berkepentingan. Ini akan memberikan kesan bahwa kamu seorang yang profesional dan serius dalam melamar pekerjaan.

6. Tuliskan dengan Tinta yang Jelas

Gunakan tinta yang jelas saat menulis amplop lamaran kerja. Hindari menggunakan pensil atau tinta yang mudah pudar. Pastikan tulisan kamu terlihat jelas dan mudah dibaca oleh pihak perusahaan. Jika perlu, gunakan tinta berwarna hitam untuk menambah kesan formal.

7. Berikan Sentuhan Kreatif

Meskipun amplop lamaran kerja sebaiknya terlihat formal, itu tidak berarti kamu tidak bisa memberikan sentuhan kreatif. Kamu bisa menambahkan logo perusahaan atau desain sederhana pada amplop untuk memberikan kesan yang lebih menarik. Namun, pastikan desainnya tetap sederhana dan tidak berlebihan.

8. Periksa Kembali Sebelum Mengirim

Sebelum mengirim amplop lamaran kerja, pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi yang kamu tulis. Periksa alamat penerima dan pengirim, nama, alamat, dan kode pos. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan yang dapat menyebabkan amplop tidak sampai ke tujuan dengan tepat.

9. Gunakan Amplop Berisi

Jika surat lamaran kerja kamu dilengkapi dengan beberapa dokumen seperti CV, sertifikat, atau referensi, sebaiknya gunakan amplop berisi. Amplop berisi akan memberikan perlindungan ekstra untuk dokumen-dokumen tersebut dan membuatnya terlihat lebih rapi. Pastikan dokumen-dokumen tersebut tertata dengan baik di dalam amplop berisi.

10. Jangan Lupakan Tanda Tangan

Terakhir, jangan lupa untuk menandatangani amplop lamaran kerja. Tanda tangan adalah tanda bahwa amplop tersebut benar-benar dikirim oleh kamu. Jika perlu, tambahkan tanggal penulisan untuk memberikan informasi yang lebih jelas tentang waktu pengiriman.

Tidak sulit untuk menulis amplop lamaran kerja yang baik dan profesional. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat amplop lamaran kerja yang memberikan kesan positif kepada penerima. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

**Catatan Penting:**

  • Pastikan amplop yang kamu gunakan tidak terlipat atau kotor.
  • Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca.
  • Jangan lupa mencantumkan nomor telepon atau email kamu pada amplop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *